KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS




KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
"PELUANG BISNIS  PARIWISATA DI PULAU MOYO"








 Di susun oleh :
Nama : Laili Suryati
Nim    : 16.12.9148





UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA
2016/2017





BAB I ABSTRAK

Menjelang Masyarakat Ekonomi Asean 2015, berbagai kalangan bisnis percaya bahwa pariwisata Indonesia menawarkan peluang yang menarik untuk dikembangkan. Indonesia memang terkenal kaya dengan keindahan alam dan keanekaragaman budaya yang berpotensi besar untuk dijadikan objek wisata. Di sisi lain, neraca jasa di Indonesia belakangan memang selalu defisit, dan membutuhkan sektor jasa yang berpotensi besar untuk dijadikan pemasukan. Pariwisata adalah jawaban terbaik bagi negara.
Pariwisata kini menjadi incaran bagi warga Indonesia maupun mancanegara, mereka berlomba-lomba mencari tempat wisata yang indah dan tenang. Keindahan tempat atau pulau tententu membuat perusahaan yang menjual jasa kepada wisatawan sebagai sebuah peluang bisnis yang sangat menguntungkan untuk dijalani saat ini. Oleh karena itu pengembangan industri pariwisata ini adalah salah satu strategi yang dipakai oleh organisasi pemerintah serta non-pemerintah untuk mempromosikan wilayah tertentu sebagai daerah wisata untuk meningkatkan perdagangan melalui penjualan barang dan jasa kepada orang non-lokal. Semoga karya ilmiah yang dibuat ini dapat berguna bagi pembaca dan penilai.




Amanwana Resort and Hotel





Pantai Di pulau moyo




BAB II
ISI


Seperti yang kita tahu Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki kombinasi iklim tropis dengan 17.508 pulau dan diantaranya 6.000 pulau tidak dihuni,Indonesia juga merupakan negara MegaBiodiversity terbesar ketiga di dunia dengan keanekaragaman hayati yang sangat tinggi sekitar 90 tipe ekosistem, 40.000 spesies tumbuhan dan 300.000 spesies hewan baik yang endemik maupun peralihan. Iklim tropis Indonesia yang bersifat panas membuat Indonesia memiliki curah hujan yang cukup tinggi. Kondisi tropis semacam inilah yang menyebabkan Indonesia secara keseluruhan memiliki jenis flora dan fauna yang cukup bervariasi jumlahnya layaknya negara-negara tropis lainnya.
Salah satu pariwisata di indonesia yang terkenal yaitu, Air terjun Mata jitu dan Amanwana resot di Pulau moyo, Nusa Tenggara Barat di Indonesia. Air terjun tersebut terkenal saat dikunjungi oleh Ratu Inggris Lady Diana hingga sekarang. Warga dan turis mancanegara banyak sekali berkunjung ke tempat wisata tersebut, walaupun warga asli pulau moyo sudah memulai bisnis namun ada beberapa yang belum memiliki ide lain, 




Air Terjun Mata jitu



berikut peluang bisnis apa saja yang bisa kita kembangkan di daerah pariwisata :

             1. Bisnis Restorant/ kedai warung

Di daerah pulau Moyo jarang sekali terlihat penjual makanan apalagi membuat restaurant, mereka hanya memanfaatkan Turis pendatang namun tidak melihat dari sisi warga Indonesia yang berkunjung. Padahal secara logika kita bisa memanfaatkan pengunjung yang baru selesai mandi tersebut pasti akan merasakan lapar dan haus sehingga akan mencari kedai di sekitar wisata tersebut. Kita bisa memanfaatkan konsep tertentu misalnya membuat Restaurant bernuansa pantai dan peralatan dapur yang berasal dari alam sehingga menarik perhatian pengunjung , namun ide tersebut terlalu simple, Jika akses modal anda cukup besar  anda bisa bekerja sama dengan penginapan atau homestay yang ada. Buatlah sebuah konsep makan yang dengan sensasi berbeda yang dialami wisatawan, misalnya, dengan menyediakan meja makan di dekat dapur. Jadi wisatawan dapat melihat langsung bagaimana makanan tersebut diolah. Selain memberikan pengetahuan, interaksi dengan penduduk lokal semacam ini akan menjadi nilai lebih bagi para wisatawan. Barangkali oleh-oleh yang berupa makanan adalah pilihan yang juga menarik. Namun ingat, makanan memiliki masa kadaluarsa yang relatif lebih singkat sehingga untuk produksi harus di pikirkan secara matang.



             2.    Bisnis jasa kamar mandi

Beberapa kali saya mengunjungi wisata air terjun tersebut namun saya belum pernah menemukan kamar mandi, kebanyakan pengunjung yang mandi harus berjalan dan merasa dingin sejauh puluhan kilometer untuk berganti pakaian, Walaupun harus menunggu persetujuan dari pihak pengelola wisata tersebut untuk pembuatan kamar mandi dan mengajukan izin kepada kepala desa setempat, namun jika di imbangi dengan niat dan usaha pasti akan tercapai.  Jika kamar mandi telah mendapat izin dalam pembanguan dan bisa digunakan maka kita bisa menetapkan tarif 1 kali pemakaian seharga 2 ribu rupiah, bayangkan jika dikalikan banyak pengunjung , belum lagi ketika libur panjang pengunjung akan sangat meledak, bagaimana? Menggiurkan bukan?

            3.    Bisnis penjualan Souvenir

Setiap daerah pasti memiliki ciri khas tertentu, manfaatkan ciri khas tersebut untuk dijadikan buah tangan pengunjung. Kita bisa membuat gantungan kunci, tas, dompet, baju, dan lainnya untuk dijadikan buah tangan. Benda-benda tersebut akan mengingatkan pengunjung bawa pernah mengunjungi tempat tertentu, disitulah tempat dijadikan ladang bisnis. Kita bisa membuat strategi dengan membuka lapak di sekitar tempat wisata atau langsung ikut menawarkan souvenir tersebut kepada pengunjung agar terjadi komunikasi langsung, jangan lupa memberikan diskon kepada pembeli yang membeli souvenir sangat banyak.



             4.  Bisnis jasa Fotografi

Bisnis kali ini sangat jarang terfikirkan, padahal banyak sekali pengunjung yang tidak mahir dalam pengambilan gambar, banyak pengunjung yang memotret menggunakan gadget namun hasilnya mengecewakan untuk itu jasa inilah yang sangat cocok dalam kondisi seperti ini, apalagi kita telah ahli dalam bidang ini serta memiliki hobby memotret. Kita bisa menawarkan langsung jasa ini kepada wisatawan indonesia dan mancanegara dengan modal kamera DSLR/ Mirroless kita bisa mendapat keuntungan  yang menggiurkan. Apalagi foto tersebut bisa langsung dicetak dan diberikan kepada pengunjung , tetapi kita sebagai fotografer harus mahir dalam pengambilan foto, spot, dan fokus foto kualitas terbaik.







5.   Bisnis Event Organizer
Pasti tidak pernah terpikirkan kalau bisnis ini bisa mendapat keuntungan yang sangat tinggi, karena hanya fokus di tempat wisata nya saja. Padahal kita bisa menawarkan kepada pengunjung jasa ini seperti ini, barangkali ada yang berminat mengadakan pesta ulang tahun, pernikahan, reuni, launching dan lainnya. Kita hanya perlu menyusun konsep dan langsung bertemu dengan clien yang membutuhkan jasa ini. Bekerja sama lah dengan pengusaha souvenir yang ada di daerah tersebut serta mengajak pelaku bisnis jasa fotografi. Dengan bekerja sama tentunya usaha yang kita miliki akan dinilai bagus oleh pengunjung.
Nah, itu tadi beberapa peluang bisnis pariwisata yang bisa anda pertimbangkan. Jika anda memang berniat, segeralah rencanakan dengan matang dan eksekusi, karena tak lama lagi akan lebih banyak wisatawan asing yang menyerbu Indonesia.














Share this

Related Posts

Previous
Next Post »